Menu Masakan Ndeso, Warisan alm. Ibu


A. SAYUR PEPAYA MUDA/ YANG MULAI MENGUNING

 

a. 1 buah pepaya muda atau mulai kekuningan (kira-kira 1 kg). Kupas, iris-iris seperti irisan rebung. Cuci bersih, uleni dengan garam. Setelah itu cuci bersih agar asinnya tak terasa lagi. Garam di sini berfungsi membuat agar daging pepaya tetap renyah, tidak mblenyek saat dimasak.

 

b. Bumbu : bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung, lengkuas kira-kira 6 cm, daun salam 3 lembar, 1 batang serai, 3 cabai merah, 6 cabai rawit, gula merah secukupnya, garam secukupnya, dan ebi (urang grimut/urang impun) kira-kitra setengah on. (selain daun salam, dan serai, semua bumbu dihaluskan).Santan kelapa dari 1/2 butir kepala.

 

c. Cara Memasak:

    Campurlah pepaya irisan dengan kira-kira setengah liter air dan bumbu-bumbunya. Tutup rapat dan panaskan di atas api sedang hingga daging pepaya matang (jangan terlalu lembek!). Masukkan santan kelapa, tunggu hingga mendidih!

 

d. Angkat, Sayur pepaya siap dihidangkan. kalau mau lebih enak, sayur ini bisa disajikan sebagai sayur yesterday (blendrang). Caranya: masak malam ini, sajikan keesokan harinya setelah dipanaskan lagi!

 

B. PECEL LELE DAN ONTONG

 

Tahu ontong? Jantung pisang tuh! 

 

Tapi yang bisa dimasak biasanya adalah jantung pisang kepok atau pisang raja. (jangan coba-coba jantung pisang ambon, pahiiit! sebab manisnya sudah dihabisin sama pisangnya. hehehe).

 

a. bahan

 

1 buah jantung pisang yang sudah dikupas sehingga tinggal bagian yang berwarna putih dan lunak.

4 ekor lele, bila digoreng, tapi lebih enak bila dipanggang sampai matang.

3 butir cabe rawit, satu butir cabe merah.

2 lembar daun jeruk purut

2 cm kencur

3 siung bawang putih

terasi (bagi yang suka)

gula merah secukupnya

santan kental dari setengah butir kelapa.

 

b. cara memasaka

 

Rebus jantung pisang dengan cara : rebuslah air sekira 1.5 liter hingga mendidih, iris-iris tipis jantung pisang langsung dimasukkan ke dalam rebusan air, tutup panci, (api besar) kira-kira 10 menit. Angkat tiriskan.

 

Parut kelapa, ambil santannya dengan menggunakan air matang. (hangat atau dingin, jangan panas sebab rasa dan aromanya akan berubah).

 

Haluskan semua bumbu, penyet kasar lele (tidak sampai hancur hanya sekedar daginya menjadi merekah), masukkan dalam wadah, masukkan jantung pisang yang sudah matang, tuangkan santan. Aduk pelan agar bumbu meresap.

 

Resep ini adalah resep kesukaanku, kesukaan bapakku, saudara-saudaraku, hingga akhirnya suamiku juga sangat sukaaaaaaaaa bahkan anak pertamaku. Silakan mencoba. Jadikan hidangan sarapan pagi.

 

Mmmmm  uenaaak!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s